ASOHI PERKUAT BIMTEK TINDAKAN KARANTINA HEWAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Tuesday, 24 April 2018 10:36
BEKASI, Rabu 21 Maret 2018. Bertempat di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian (BUTTMKP) yang merupakan salah satu UPT Badan Karantina Pertanian telah menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Tindakan Karantina Hewan Terhadap Bahan Biologi”. Acara bimtek ini diikuti oleh puluhan medik veteriner yang bekerja d unit pelaksana lingkup Badan Karantina Pertanian.
 
Bimtek yang berlangsung selama enam hari sejak 19-24 Maret 2018 ini menghadirkan banyak pembicara ahli dari berbagai bidang seperti dari Subdit POH, FKH IPB, ASOHI, Bbalitvet, BBPMSOH, dan lain sebagainya. Bertindak sebagai perwakilan ASOHI adalah Peter Yan Ketua Sub Bidang Eksportir dan Drh Andi Wijanarko Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga. Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Kementerian Pertanian RI, Mulyanto.
 
Peter Yan memberikan materi berjudul Proses Penanganan Vaksin dan Ekspor. Sedangkan Drh Andi Wijanarko menyampaikan materi berjudul Material Safety Data Sheet (Lembar Data Keselamatan Bahan).
 
Dalam paparannya Peter Yan menjelaskan tentang proses penanganan vaksin dan ekspor yang diawali dengan Proses Penanganan Vaksin, Cold Chain Management, dan terakhir Prosedur Ekspor. Ia juga menggarisbawahi untuk proses produksi, kualitas dan penanganan produk vaksin sebelumnya harus sesuai dengan standar FOHI (Farmakope Obat Hewan Indonesia), OIE (World Organisation for Animal Health), European Pharmacopoeia dan British Pharmacopoeia.
 
Sementara untuk Cold Chain Management (Manajemen rantai dingin), Peter mewanti agar produk biologik selama masa penyimpanan dan transportasi ada pada range yang sesuai dengan yang dipersyaratkan untuk menjaga kualitas (potensi, dll). Baik mulai dari keluar pabrik hingga sampai di ke pelabuhan masuk via laut dan udara.
 
Pada kesempatan ini Peter Yan juga memberi masukan soal kendala masih lambannya proses aplikasi IQFAST yang diterapkan oleh Badan Karantina. Seperti diketahui sebelumnya untuk peningkatan pelayanan jasa karantina pertanian Badan Karantina memperkenalkan program IQFAST. Registrasi ini merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan ID penggunajasa/perusahaan sebagai komitmen Pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan kepada penggunajasa karantina pertanian.
 
Menurut Peter Yan pencarian item barang tidak otomatis Pop Up. Membutuhkan waktu lama untuk entry. Maka untuk mengatasi hal ini ia menyarankan agar item barang disusun Alfabet, selain itu item barang yang muncul disesuaikan dengan Perusahaan. Contoh jika usernya PT Medion, maka barang yang muncul adalah produk Medion saja.
 
Kendala kedua, lanjut Peter, sistem E-billing untuk pembayaran diterbitkan saat dokumen diserahkan secara manual ke kantor Karantina. Hal ini memunculkan terjadinya antrian yang lama. Peter menyarankan untuk mengubah mekanisme e-billing yang muncul secara online saat entry data ke aplikasi IQFAST, sehingga user dapat membayar secara mandiri.
 
Pada kesempatan berikutnya Drh Andi Wijanarko menyampaikan materi berjudul Material Safety Data Sheet (MSDS/Lembar Data Keselamatan Bahan). Menurut Andi MSDS adalah dokumen tentang satu bahan kimia yang harus ada pada industri yang membuat, menyimpan, atau menggunakannya, yang memberikan informasi tentang bahan kimia tersebut.
 
"MSDS juga menjadi bahan informasi atau acuan bagi para pekerja dan supervisor yang menangani langsung dan mengelola bahan kimia berbahaya dalam industri/lab. kimia. Melalui MSDS ini diharapkan setiap personil mempunyai naluri untuk mencegah dan menghindari serta mampu menanggulangi kecelakaan kimia yang mungkin terjadi. Informasi ini bukan untuk menakut-nakuti, melainkan mendorong sikap kehati-hatian dalam menangani bahan kimia berbahaya," jelas Andi Wijanarko.
 
Bimtek Karantina ini diakhiri dengan kunjungan lapang atau field trip. Acara berjalan lancar dan sukses penuh makna. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday211
mod_vvisit_counterYesterday404
mod_vvisit_counterThis week615
mod_vvisit_counterThis month5222
mod_vvisit_counterAll1930278