TEMU KOORDINASI PENGAWASAN MUTU DAN KEAMANAN PAKAN PROVINSI JATIM PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 21 May 2018 14:50
SURABAYA, Senin 23 April 2018. Bertempat di Ruang Bekisar Dinas Peternakan Prov. Jawa Timur telah dilaksanakan Pertemuan Koordinasi Pengawasan Mutu dan Keamanan Pakan Tahun 2018. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan koordinasi tentang peraturan-peraturan di bidang pakan, agar pakan yang beredar terjamin kualitas dan keamanannya serta memenuhi standar atau persyaratan teknis minimal yang telah ditetapkan.
 
Acara diawali dengan laporan Ketua Panitia dan dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur yang diwakili karena yang bersangkutan sedang menghadiri Rapat Dengar Pendapat di DPRD. Kemudian pembahasan diawali dengan implementasi Permentan No. 22/2017 tentang Pendaftaran dan Peredaran Pakan kemudian dari Direktorat Pakan dan disambung dengan paparan Implementasi Permentan No. 14/2017 tentang Klasifikasi Obat Hewan dari Direktorat Kesehatan Hewan. Selanjutnya dari GPMT turut memberikan dukungan perihal komitmen taat aturan untuk peningkatan mutu dan keamanan pakan dan diakhiri dengan sesi diskusi.
 
Pertemuan ini dihadiri oleh segenap kepala-kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan atau yang menaunginya. Selain itu juga perwakilan perusahaan-perusahaan feedmill yang beroperasi di Jawa Timur. Sementara perwakilan ASOHI Jawa Timur yang hadir diantaranya adalah Ketua Drh Suyud dan Wakil Ketua Ir Imam Akbarudin.
 
Catatan penting dari pertemuan ini adalah diskusi perihal Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Peternakan Prov. Jawa Timur dengan No. 524/2196/122.3/2018 tertanggal 7 Maret 2018, dimana poin 3 dan 4 dianggap tidak sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Ditjen PKH Kementerian Pertanian.
 
Poin 3 Surat Edaran tersebut berbunyi: Pemakaian antibiotika dalam pakan (feed medicated) hanya dapat diedarkan oleh perusahaan yang memiliki izin usaha sebagai produsen obat hewan dan diketahui oleh Penanggung Jawab Teknis Obat Hewan (PJTOH). Dan poin 4 berbunyi: Pemakaian antibiotika dalam pakan (feed medicated) diperbolehkan dengan persyaratan sebagai berikut: a. Dengan persetujuan dari Dirjennak melalui prosedur yang ditetapkan; b. Diproduksi atas permintaan khusus; c. Pakan sudah memiliki nomor pendaftaran pakan (NPP); d. Obat hewan yang dicampur harus sudah teregistrasi; e. Distribusinya dilaporkan setiap bulan dengan batasan (hanya sebagai terapi), f. Pakan tidak diperjualbelikan.
 
Untuk itu Ditjen PKH Kementerian Pertanian melalui Surat Edaran yang ditujukan kepada Perusahaan Pakan bernomor 20008/PI.500.F/03/2018 tertanggal 20 Maret 2018 kembali menegaskan tentang Formulasi Pakan Tanpa AGP. Dalam surat tersebut Dirjen PKH menegaskan bahwa terhitung 1 Januari 2018, dilakukan pelarangan penggunaan antibiotik sebagai imbuhan pakan, baik berupa produk jadi sebagai imbuhan pakan (feed additive) maupun bahan baku antibiotik yang diimbuhkan dalam pakan. Penggunaan antibiotik dalam pakan hanya diijinkan untuk keperluan pengobatan dalam bentuk sediaan farmasetik, yang dilakukan di bawah pengawasan dokter hewan.
 
Lebih lanjut, kata Dirjen, perusahaan pakan ternak (feedmill) terhitung 1 Januari 2018 tidak diizinkan memproduksi dan mengedarkan pakan ternak yang mengandung antiiotik sebagai imbuhan pakan (feed additive).
 
Atas hal tersebut salah satu resume pertemuan ini, Dinas Peternakan Prov. Jatim meralat dan memohon maaf bahwa surat yang dikirim dan telah diterima oleh GPMT dan ASOHI Jatim sebelumnya dinyatakan salah redaksionalnya. “Mohon maaf, itu memang salah saya. Saya baru menjabat beberapa bulan dan staf saya yang mengedarkan juga kurang memahami substansinya,” jelas Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim melalui perwakilannya. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday94
mod_vvisit_counterYesterday337
mod_vvisit_counterThis week1457
mod_vvisit_counterThis month5629
mod_vvisit_counterAll1890755