SURINAME DAN GUYANA TERTARIK BELAJAR IB KE INDONESIA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 28 June 2018 16:19
JAKARTA, Senin 4 Juni 2018. Delegasi dari Suriname dan Guyana melakukan "Business Trip Program" ke Indonesia, salah satu tujuannya untuk pengetahui tentang perkembangan pembibitan ternak sapi, terutama aplikasi teknologi Inseminasi Buatan (IB). Didampingi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Suriname, Dominicus Supratikto, sebanyak 13 Delegasi dari Suriname dan Guyana ingin berbagi pengalaman tentang IB di Indonesia.
 
Sugiono, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan saat mynambut kedatangan Delegasi tersebut menyampaikan, saat ini teknologi inseminasi buatan telah berkembang dengan baik di Indonesia, penggunaan Inseminasi Buatan (IB) tidak hanya untuk mempromosikan ternak tetapi juga sebagai alat untuk konservasi genetik ternak. 
 
Pada saat ini IB merupakan ujung tombak untuk keberhasilan Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (UPSUS SIWAB) yang merupakan fokus kegiatan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan pada 2017-2019 sebagaimana program tersebut dituangkan dalam peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/ PK.210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting yang ditandatangani Menteri Pertanian pada tanggal 3 Oktober 2016.
 
"Upaya ini dilakukan sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengejar swasembada sapi yang ditargetkan Presiden Joko Widodo tercapai pada 2026 mendatang serta mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan, dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak rakyat," kata Sugiono.
 
Kementerian Pertanian memiliki dua Balai yang bertugas memproduksi semen beku yakni Balai Balai Inseminasi Buatan Singosari dan Balai Inseminasi Buatan Lembang di bawah koordinasi Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.
Keunggulan lain dari kedua Balai Inseminasi Buatan tersebut yakni telah mempu memproduksi semen beku sexing.
 
Artinya bahwa ternak-ternak kelahiran IB dapat diprediksi komposisi jantan dan betinanya. Sejak tahun 2007 telah mampu melakukan ekspor semen beku ke beberapa Negara seperti Malaysia, Kamboja, Myanmar, Timor Leste and Kyrgyzstan. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1124
mod_vvisit_counterYesterday2607
mod_vvisit_counterThis week11077
mod_vvisit_counterThis month47880
mod_vvisit_counterAll6229624