KNOWLEDGE REFRESHING PETUGAS LAPANGAN UNTUK ANTISIPASI FLU BURUNG PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 28 June 2018 16:33
MEDAN, Rabu 2 Mei 2018. Untuk menjamin unggas yang akan dipotong tidak terinfeksi penyakit unggas khususnya Avian influenza, Kementerian Pertanian melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan bekerjasama dengan FAO ECTAD Indonesia mengadakan pelatihan Pengendalian Avian Influenza Terpadu (PAT) bagi petugas kesehatan hewan yang bertugas di lapangan.
 
Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menyegarkan kembali pengetahuan (Knowledge Refreshing) petugas kesehatan hewan di daerah, terutama dalam mengidentifikasi kasus HPAI di lapangan dengan lebih baik, sehingga dapat terkendali dan penyebaran tidak semakin luas.
 
Tahun 2018 ini, pelatihan PAT dilaksanakan di Hotel Inna Medan selama 4 hari, mulai tanggal 2-5 Mei 2018 yang diikuti oleh 25 orang petugas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan yang berasal dari 16 Kabupaten/Kota di Propinsi Sumatera, BBVET Medan, dan Propinsi Bengkulu dari kabupaten Rejang Lebong. Peserta pelatihan ini berasal dari daerah kabupaten/kota Sumatera Utara dengan kriteria populasi unggas komersial yang cukup tinggi dan bervariasi, dan khusus Propinsi Bengkulu dilibatkan karena adanya laporan kasus outbreak HPAI pada unggas komersial tahun 2018 ini.
 
Dalam pelatihan ini, peserta dibekali materi pengendalian flu burung (HPAI) secara terpadu mulai dari tingkat hulu yaitu pada areal peternakan unggas komersial, hingga ke tingkat hilir pada rantai pasar unggas, untuk menyiapkan produk unggas yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) bagi konsumen. Dalam mengendalikan flu burung di lapangan sangat diperlukan kerjasama antar semua pihak (stakeholder perunggasan) baik dari peternak, perusahaan perunggasan swasta, pemerintah (Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan), pasar unggas, akademisi dan masyarakat. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday127
mod_vvisit_counterYesterday338
mod_vvisit_counterThis week465
mod_vvisit_counterThis month5242
mod_vvisit_counterAll1898575