RUMAH SAKIT HEWAN PENDIDIKAN UNPAD RESMI DIBANGUN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 25 July 2018 15:37
BANDUNG, Sabtu 9 Juni 2018. Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan, meresmikan pembangunan Rumah Sakit Hewan Pendidikan di Universitas Padjajaran (Unpad), Jatinangor, Bandung. Seremonial ditandai dengan peletakkan batu pertama di area kampus Unpad. 
 
Pembangunan tersebut merupakan kelanjutan dari pembukaan studi Kedokteran Hewan Unpad sejak 2016 lalu. Rencana ini diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) guna meningkatkan jumlah tenaga dokter hewan di Jawa Barat. 
 
"Pembangunan rumah sakit hewan ini diinisiasi adanya kekhawatiran indikasi cacing pita pada hati hewan yang kerap terjadi di masyarakat. Dan itu tidak sebanding dengan banyaknya tenaga dokter hewan yang tersedia. Di Jawa Barat sendiri, rumah sakit hewan hanya ada satu. Di Indonesia hanya ada tujuh dan Unpad menjadi yang kedelapan," tutur Aher. 
 
Ia menambahkan, dengan banyaknya tenaga dokter hewan dan rumah sakit hewan yang memadai, maka kesehatan hewan pun akan mudah terdeteksi. "Jumlah dokter hewan saat ini masih jauh dari jumlah yang memadai dalam rangka menjamin kesehatan daging hewan untuk konsumsi manusia," kata dia. 
 
Mengingat pentingnya menjaga kesehatan hewan, Rumah Sakit Hewan Pendidikan menjadi media penting dalam mengasah keahlian calon dokter hewan. "Tentu setiap program kedokteran hewan di perguruan tinggi lain sudah memiliki rumah sakit hewannya. Tetapi di Unpad ada keistimewaannya, karena baru dua tahun berdiri sudah dibangun rumah sakitnya," ungkapnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unpad, Prof Tri Hanggono Achmad, mengapresiasi langkah berlanjut Pemprov dalam mendukung peningkatan dokter hewan di Jawa Barat. Dukungan pembangunan rumah sakit hewan ini dinilai sebagai langkah nyata.
 
Seremonial peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Unpad di area Kawasan Sains dan Teknologi Unpad, Jatinangor, dilakukan Aher bersama Rektor Unpad, Ketua Program Studi Kedokteran Hewan, Dr Drh Endang Yuni Setyowati, Direktur Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Fadjar Sumping Tjatur Rasa dan dihadiri pimpinan universitas dan fakultas, perwakilan mahasiswa, perwakilan kepala dinas, serta perwakilan pengurus Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). (RBS)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday173
mod_vvisit_counterYesterday235
mod_vvisit_counterThis week1370
mod_vvisit_counterThis month4323
mod_vvisit_counterAll1907528