BIOSEKURITI KUNCI SUKSES USAHA TERNAK AYAM PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 25 July 2018 15:45
JAKARTA, 4 July 2018. Berbagi kisah sukses, Yayasan Pengembangan Peternakan Indonesia (YAPPI) menggelar dialog "Penerapan Biosekuriti yang Efektif pada Peternakan Ayam" dengan menghadirkan para pembicara yang merupakan penerima Indo Livestock Industry Award 2018. 
 
Setyo Winarno salah satu pengurus YAPPI yang memandu acara mengatakan, "Acara ini bertujuan untuk saling membagi ilmu rahasia sukses antar pelaku perunggasan." Tahun ini, ada aturan baru yakni pencabutan AGP (Antibiotic Growth Promoters), maka itu, biosekuriti lebih diimplementasikan secara efektif. 
 
Muzaidi salah satu peternak broiler closed house mengatakan, biosekuriti harus dilakukan secara ketat. Contoh sederhana bila ada tamu perlu semprot dan mengganti pakaian. "Dengan aturan yang ketat maka keberhasilan akan tercapai," ucapnya. 
 
Andri Sucipto, peternak broiler open house asal Balaraja, Serang menjelaskan, Biosekuriti yang ia terapkan pertama ada prosedur higiene di depan kandang. "Biosekuriti baru dijalankan 1 tahun belakangan ini, karena memang sulit dalam menjalankan semua SOP," ujarnya. 
 
Sementara itu, Frenki Efendi peternak layer closed house ikut memberikan pengalamannya. Dia mengatakan, banyak sekali tantangan dalam beternak. Biosekuriti harus ditingkatkan agar keberhasilan dapat tercapai. "Masih banyak yang bisa ditingkatkan, ini merupakan hal terpenting," katanya.
 
"Biosekuriti 3 zona diterapkan untuk mencegah infeksi masuk ke dalam tubuh ayam," jelas Baskoro, peternak ayam lokal PT Sumber Unggas Indonesia. Selain biosekuriti, vaksinasi dan desinfeksi juga harus diterapkan.
 
Cara penerapannya, peternakan dibagi dalam tiga zona dengan menjaga standar kebersihannya semakin ketat. Area tersebut mencakup zona merah atau kotor, zona kuning untuk persiapan, dan zona hijau atau zona bersih untuk produksi. Bukan hanya mencegah kuman, biosekuriti tiga zona juga meningkatkan produktivitas ternak terlebih pasca dilarangnya penggunaan AGP dalam pakan ternak. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday47
mod_vvisit_counterYesterday203
mod_vvisit_counterThis week467
mod_vvisit_counterThis month2590
mod_vvisit_counterAll1935371