RAPAT DPA ASOHI SOROTI DINAMIKA PETERNAKAN INDONESIA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 25 July 2018 15:53
JAKARTA, 18 Juli 2018. Bertempat di Restoran Rempah Wangi Fatmawati Jakarta Selatan diselenggarakan Rapat Dewan Penasehat ASOHI (DPA) ke-13. Rapat DPA ini dihadiri oleh Gani Haryanto (Ketua DPA), Drh Ketut Tastra Sukata MBA (Sekretaris DPA), Suprahtomo SH (Anggota DPA), Drh Rakhmat Nuriyanto MBA (anggota DPA), Drh Irawati Fari (Ketua ASOHI), Drh Harris Priyadi (Sekjend ASOHI) dan Ir Bambang Suharno (Sekretaris Eksekutif). 
 
Pada kesempatan ini Gani Haryanto memaparkan mengenai dinamika ekonomi dan dinamika dunia peternakan tahun 2018. Dimana pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya ditargetkan tumbuh 5,4% hanya tercapai 5,05%. Sedangkan angka inflasi yang tadinya diramalkan bakal mencapai 3,5% ternyata mampu dijaga Pemerintah hanya 1,90%. Padahal kondisi nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika sedang melemah seperti yang dialami oleh banyak negara lain di dunia yang lebih disebabkan oleh faktor eksternal. Ditambah lagi naiknya harga minyak dunia yang mencapai lebih $66.60 per barrel. Kondisi ini tentunya berpengaruh terhadap pertumbuhan bisnis obat hewan yang semula ditargetkan tumbuh 7-10% pada kenyataannya hanya mampu tumbuh 3%.
 
"Belum lagi soal kelangkaan supply DOC yang terbatas dan menyebabkan naiknya harga produksi ternak meningkat. Proses penggantian AGP juga tidak berlangsung mulus, karena peternak dan perusahaan masih perlu trial and error, juga menimbang antara efektivitas dan faktor biayanya. Yang jelas dengan ditiadakannya AGP dalam pakan ternak saat ini kasus NE (Necrotic Enteritis) di peternakan semakin meningkat di lapangan" terang Gani dalam paparannya.
 
Sementara itu, Drh Irawati Fari melanjutkan paparan dengan laporan Kegiatan ASOHI Nasional dan Daerah, hubungan ASOHI dengan Pemerintah, perkembangan peraturan perundang-undangan, hubungan Antar Lembaga, laporan Badan Usaha Milik ASOHI (BUMAS), dan laporan keuangan organisasi.
 
"Beberapa poin penting ASOHI yang telah dan terus dijalankan saat ini adalah membahas dan mengawal Draft Juklak/Juknis Permentan 14/2017, mengawal terbitnya Permentan tentang Pemasukan Obat Hewan Khusus, Registrasi Obat Hewan, Penyediaan dan Peredaran Obat Hewan, izin usaha obat hewan, pedoman CPOHB, syarat dan tata cara sertifikasi CPOHB," jelas Irawati.
 
Setelah rapat DPA acara dilanjutkan dengan halal bihalal dengan Pengurus ASOHI. Pada kesempatan ini Gani Haryanto kembali menyampaikan materi tambahan yaitu Kunci Sukses Pengurus ASOHI 2015-2020. (ES)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday79
mod_vvisit_counterYesterday159
mod_vvisit_counterThis week238
mod_vvisit_counterThis month4633
mod_vvisit_counterAll1922793