Events Calendar

« < May 2022 > »
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

Login Publisher



Who's Online

We have 587 guests online
Welcome to ASOHI
PT EMVI INDONESIA DAN CHR HANSEN LAUNCING PROBIOTIK UNTUK TERNAK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 25 April 2022 16:05
JAKARTA, Selasa 29 Maret 2022. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang apabila diberikan dalam jumlah memadai memberikan manfaat kesehatan pada host. Ada 3 bakteri yang paling penting dalam keluarga besar probiotik. Demikian diungkapkan Jean Christophe Bodin, Head of Technical Service APAC, Chr Hansen pada acara Launch of BioPlus® YC yang diselenggarakan via daring oleh Chr Hansen dan PT Emvi Indonesia selaku distributor BioPlus® YC di Indonesia.
 
Jean menambahkan, bakteri yang pertama adalah bakteri asam laktat yang cukup dikenal pada industri makanan, adalah bakteri gram positif yang merupakan microbiota pada usus normal. Tidak tahan terhadap panas, kelembaban, antibiotik dan kadang terhadap oksigen.
 
Kedua, adalah ragi (yeast), jamur uniseluler yang hampir 20-300 kali ukuran bakteri, dikenal dalam dunia peternakan. Mempunyai beta-glukan yang mampu merangsang status kekebalan hewan namun kebanyakan tidak tahan terhadap panas.
 
Ketiga, adalah Bacillus spp terutama ditemukan di tanah atau sedimen laut. Adalah bakteri pembentuk spora yang mampu bertahan melewati berbagai proses dalam pembuatan pakan. Mempunyai kemampuan bertunas untuk berkembang biak di usus dan menempel, serta membuat koloni mikro pada epitel usus. Tahan terhadap panas dan perlakuan mekanis atau kimia, dan dapat bersinergi dengan koksidiostat atau antibiotik.
Read more...
 
LIVE STREAMING MEDION BAHAS KUNCI KESERAGAMAN PADA PULLET PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 25 April 2022 16:03
BANDUNG, Selasa 29 Maret 2022. Pullet-atau ayam layer siap bertelur dipelihara mulai dari umur 0-16 minggu. Berdasarkan kebutuhan nutrisinya, pullet terbagi atas 2 fase, yakni fase starter pada umur 0-5 minggu dan fase grower pada 6-16 minggu.
 
Fase starter sering disebut dengan fase brooding, dimana pullet masih membutuhkan panas untuk membantu pertumbuhannya. Pada fase ini mayoritas semua organ-organ penting seperti organ pernapasan, pencernaan, maupun kekebalan akan tumbuh dengan pesat. Sedangkan pada fase grower atau fase pertumbuhan, merupakan fase yang tidak kalah penting. Pasalnya, kualitas ayam pada akhir fase ini akan sangat menentukan keberhasilan pada fase produksi yang akan datang.
 
Hal-hal tersebut disampaikan oleh Cholil, Direct Assistant Manager PT Medion melalui acara live streaming Medion. Ia juga mengatakan bahwa proses pemeliharaan pullet dapat mempengaruhi kualitas maupun kuantitas dalam pencapaian produksi.
Read more...
 
PATAKA BAHAS LSD BERSAMA PARA STAKEHOLDER PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 25 April 2022 15:56
JAKARTA, Rabu 20 April 2022. Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi (PATAKA) mengadakan webinar yang membahas wabah Lumpy Skin Disease (LSD) yang melanda Indonesia baru-baru ini. Webinar digelar melalui daring Zoom Meeting dan live streaming melalui kanal youtube PATAKA. 
 
Ketua Umum PATAKA Ali Usman dalam sambutannya mengatakan, hadirnya LSD sebagai wabah baru di Indonesia merupakan kekhawatiran baru bagi para peternak dan pengusaha di sektor persapian. Oleh karenanya dibutuhkan respon dan penanganan yang tepat.
 
"Mungkin dari yang saya tahu penyakit ini kematiannya tidak terlalu tinggi, tetapi tetap saja kalau penularannya cepat, bisa gawat juga," kata Usman.
 
Lebih lanjut mengenai LSD dijelaskan oleh Ketua Umum PDHI Drh Muhammad Munawaroh. Secara rinci ia menjelaskan mengenai aspek-aspek terkait penyakit ini. "Di Indonesia ini penyakit masuk karena lalu lintas yang kurang terjaga, sebagaimana kita ketahui bahwa di negara lain ini juga terjadi dengan pola yang sama," kata dia.
Read more...
 
36 RIBU TON DAGING KERBAU INDIA MASUK INDONESIA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 25 April 2022 15:50
JAKARTA, Kamis 14 April 2022. Perum Bulog mengimpor 36.000 ton daging kerbau dari India jelang Lebaran 2022. Daging tersebut tiba di Indonesia secara bertahap hingga Lebaran 2022.
 
Impor daging tersebut merupakan bagian penugasan dari pemerintah untuk mengimpor daging kerbau beku sebanyak 100.000 ton pada 2022. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, pada kontrak tahap pertama, sebanyak 20.000 ton daging kerbau impor sudah masuk ke Indonesia pada akhir Maret 2022. 
 
“Hari ini ada 6 kontainer yang datang yang masing-masing kontainer isi 28 ton, ini masuk dalam tahap kedua dan akan terus berlanjut hingga 36.000 ton," ujarnya saat memantau langsung kedatangan daging impor di Terminal Mustika Alam Lestari Tanjung Priok.
 
Budi Waseso menuturkan, impor daging kerbau diharapkan bisa sebagai alternatif pilihan bagi konsumen dalam memenuhi ketersediaan akan daging serta menjaga stabilisasi harga daging di tingkat konsumen, khususnya pada momen Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2022.
Read more...
 
PB PDHI GELAR SEMINAR MITIGASI WABAH LSD PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 25 April 2022 15:41
JAKARTA, Jumat 01 April 2022. Lumpy Skin Disease (LSD) merupakan penyakit yang baru-baru ini mewabah di Indonesia khususnya di Provinsi Riau. Atas kekhawatiran mewabahnya LSD, PB PDHI menggelar seminar nasional terkait mitigasi wabah penyakit LSD secara luring di Hotel Grand Whiz Simatupang maupun daring melalui aplikasi Zoom Meeting. 
 
Ketua Umum PDHI Drh Muhammad Munawaroh menyatakan keprihatinannya atas datangnya kembali penyakit baru ke Indonesia. melalui webinar ini diharapkan nantinya PDHI dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait mitigasi wabah LSD. 
 
"Sebagai partner pemerintah kami ingin berbuat lebih, memberikan rekomendasi bagaimana sebaiknya wabah ini ditangani. Sapi dan daging sapi sudah menjadi bagian penting negara ini, dengan adanya LSD ini juga akan berpotensi mengganggu supply dan demand daging sapi. Nah makanya hal ini harus sgera ditangani supaya tidak seperti ASF kemarin," kata Munawaroh dalam sambutannya.
Read more...
 
JAPFA RAUP LABA BERSIH RP 2,02 TRILIUN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 25 April 2022 16:00
JAKARTA, Rabu 6 April 2022. PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) meraup laba bersih sebesar Rp 2,02 triliun selama 2021, melonjak drastis (120,63 %) jika dibandingkan 2020 yang hanya Rp 916,7 miliar.
 
Sementara laba per saham yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mengalami kenaikan dari Rp 79 pada 2020 menjadi Rp 174 pada 2021. Hal ini dilaporkan di acara Public Expose untuk Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Hotel Pullman Jakarta.
 
Adapun angka neraca, dilihat dari total aset juga meroket dari Rp 25,95 triliun pada 2020 menjadi Rp 28,59 triliun di tahun 2021. Bahkan jumlah ekuitas perseroan juga ikut menanjak menjadi Rp 13,10 triliun, sebelumnya pada 2020 hanya dikisaran Rp 11,41 triliun.  
 
Lebih lanjut, penjualan bersih JAPFA pun pada 2021 sebesar Rp 44,88 triliun sementara pada 2020 di angka Rp 36,96 triliun. “Rinciannya yakni pakan ternak menyumbang 49 %, pembibitan unggas 10 %, serta dari peternakan komersil 29 %. Lalu didukung oleh pengolahan hasil peternakan dan produk konsumen 9 %. Disusul budidaya perairan 6 % dan terakhir perdagangan (termasuk peternakan sapi) 5 %. Dari rincian tersebut, divisi perunggasan menyumbang terbesar dengan 89 % dari total penjualan bersih,” ungkap Putut Djagiri, Kepala Divisi Keuangan Korporasi, JAPFA.
Read more...
 
GELAR PASAR TANI, KEMENTAN PASTIKAN KETERSEDIAAN TELUR AYAM RAS DI JAMBI AMAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 25 April 2022 15:53
JAMBI, Minggu 17 April 2022. Kementerian Pertanian (Kementan) berkomitmen ketersediaan bahan pangan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini aman dan mencukupi. Untuk itu, Kementan mondorong Pemerintah Daerah (Pemda) dan stakeholder lainnya untuk mendekatkan stock bahan pangan pokok dengan masyarakat di masing-masing wilayahnya.
 
"Ini merupakan arahan dari Bapak Menteri Pertanian agar kita membantu masyarakat agar mudah memperoleh bahan pangan pokok, terutama dalam memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/4).
 
Ia mengatakan, Kementan telah menyiapkan peta intervensi, jika ada daerah yang kekurangan stock bahan pangan seperti daging ayam, telur dan daging sapi dan bahan pangan pokok lainnya. 
Read more...
 
PETERNAK MANDIRI KHAWATIRKAN KENAIKAN HARGA SAPRONAK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 25 April 2022 15:47
JAKARTA, Kamis 07 April 2022. Peternak ayam mandiri tengah was-was akibat pergerakan harga pakan. Pasalnya, pakan merupakan komponen terbesar biaya produksi ayam baik petelur maupun broiler. Hal tersebut disampaikan Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Jawa Tengah Pardjuni. Ia mengatakan harga pakan sejak Januari 2022 hingga akhir Maret 2022 sudah naik 8-10%. Selain itu harga DOC yang sudah mencapai Rp7.700-7.800 per ekor untuk yang sudah vaksin, menyebabkan biaya produksi peternak naik menjadi Rp20-21 ribu per ekor.
 
"Harga pakan ini mengalami kenaikan luar biasa. Dan akan susah turunnya. Karena sistemnya kan begitu ada order, pabrik akan memproduksi. Jadi, harga cocok, deal, pakan diproduksi, beli, Kalau harga nggak cocok yang nggak diproduksi," kata Pardjuni.
 
Padahal, lanjut dia, 70% biaya produksi ayam adalah untuk pakan. "Yang naik itu semua jenis pakan dan konsentrat. Biaya produksi di peternak sekitar 70% untuk pakan," kata Pardjuni.
Read more...
 
SEMNAS ISPI BEDAH BENANG KUSUT PETERNAKAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 25 April 2022 15:29
JAKARTA, Minggu 27 Maret 2022. Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Seminar Nasional (Semnas) secara hybrid (online dan offline) di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara. Rakernas dan Semnas yang berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (26/03) tersebut membahas berbagai isu terkini soal peternakan di Tanah Air, baik unggas maupun ruminansia.
 
Rakernas dibuka Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementan, Nasrullah yang sekaligus menjadi keynote speaker pada even tahunan ISPI tersebut. Menurut Nasrullah, perlu pemikiran-pemikiran baru di sektor hulu peternakan yang akan digunakan pemerintah sebagai acuan dalam mengambil kebijakan. 
 
“Untuk sapi potong masih ada impor sebesar 13 hingga 15%. Ini tentu tantangan besar bagi kita untuk terus meningkatkan produksi sapi potong lokal. Kita akui swasembada sapi potong belum tercapai, namun sudah ada peningkatan yang signifikan. Untuk itu perlu konsep-konsep yang implementatif,” ujarnya.
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 2 of 185

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Polls

Apakah sebaiknya Situs ASOHI diperuntukkan
 

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1896
mod_vvisit_counterYesterday2184
mod_vvisit_counterThis week16991
mod_vvisit_counterThis month49273
mod_vvisit_counterAll3965055