256 RIBU JIWA TERDAMPAK BANJIR, ASOHI KALSEL GALANG DONASI PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Tuesday, 02 February 2021 12:38
KALIMANTAN SELATAN, Rabu 20 Januari 2021. Banjir besar yang menerjang wilayah Kalimantan Selatan pada 12-13 Januari 2021 yang disebabkan curah hujan ekstrem. Banjir menyebabkan 21 orang meninggal dunia. Sebanyak 342.987 orang terdampak, di mana 63.608 di antaranya mengungsi. 
 
Adapun infrastruktur yang terdampak akibat bencana ini meliputi 66.768 rumah terendam, 18.294 meter jalan terendam, dan 21 jembatan rusak. Tak hanya itu, banjir ini juga menyebabkan 18.356 hektar lahan pertanian di 11 kabupaten/kota di Kalimantan gagal panen.
 
Banjir dahsyat membuat aktivitas warga terganggu. Di antara 13 kabupaten dan kota, 11 terdampak banjir. Salah satu daerah yang terparah adalah Kabupaten Banjar. Presiden Joko Widodo memantau langsung kondisi di sana.
 
Begitu tiba di Kalsel, Jokowi dan rombongan langsung menuju Desa Mekar, Kecamatan Martapura Timur. Iring-iringan kendaraan rombongan Jokowi sempat terlihat melewati banjir yang masih setinggi roda mobil. Jokowi akhirnya memantau banjir dengan berjalan kaki di Jembatan Pekauman. Dia didampingi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Bupati Banjar Khalilurahman.
 
Dikutip dari Radar Banjarmasin, Jokowi tampak memberikan instruksi kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Setelah itu, Jokowi membagikan sembako, masker, dan makanan siap saji ke beberapa warga.
 
Rombongan kemudian bertolak ke jembatan putus di Jalan A. Yani Km 55 di Kecamatan Mataraman, Banjar. Jembatan penghubung trans-Kalimantan di perbatasan Desa Banua Anyar dengan Desa Bawahan Pasar itu putus setelah diterjang banjir dua kali, Kamis (14/1) dan Minggu (17/1).
 
Ketua ASOHI Daerah Kalimantan Selatan Drh Agung Wahyu Pribadi melaporkan kepada InfoASOHI bahwa dari pantuannya pada Senin (18/1) banjir di Kalsel sudah sedikit mereda curah hujan sedikit menurun. Sebanyak 11 dari 13 kabupaten kota terdampak 2 jembatan di jalan utama putus. Akses jalan dan distribusi bantuan terhambat. 
 
Anggota ASOHI yang terdampak ada beberapa. Kantor PT Romindo banjir masuk sampai halaman depan. Bahkan banjir sampai masuk rumah salah satu anggota ASOHI yang mengharuskan penghuninya mengungsi. Peternakan yang terdampak banyak sekali dimana akses kirim pakan obat DOC lumpuh terutama ke hulu sungai dan tanah laut. Beberapa kandang hanyut terbawa arus dan  yang tergenang tidak terhitung. 
 
“Mohon doanya rekan-rekan semua semoga curah hujan di hulu berkurang. Dan kembali bangkit untuk berbenah. Kami membuka OPEN DONASI ASOHI Kalsel di No Rekening 0242 01 0288 03 507. a/n Agung Wahyu Pribadi,” ujar Ketua ASOHI Jateng Drh Agung Wahyu Pribadi seraya menggalang donasi bagi pembaca InfoASOHI. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1232
mod_vvisit_counterYesterday3740
mod_vvisit_counterThis week1232
mod_vvisit_counterThis month32198
mod_vvisit_counterAll3027503