MENGENAL BADAN PENGAWAS ASOHI (BPA) PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Saturday, 25 December 2021 13:02
JAKARTA, Kamis 9 Desember 2021. Bersamaan dengan pelaksanaan Rapat Pleno Pengurus ASOHI Pusat Periode 2021-2025 yang diselenggarakan secara daring, Ketua merangkap Anggota Badan Pengawas ASOHI Bapak Gani Haryanto memaparkan sekaligus memperkenalkan nama baru dari Badan Pengawas ASOHI (BPA) yang dulu lebih dikenal sebagai Dewan Pengawas ASOHI (DPA).     
 
Sesuai Hasil MUNAS VIII ASOHI, yaitu perubahan pada Anggaran Rumah Tangga Pasal 14 yang mengatur tentang Badan Pengawas, Gani Haryanto menjelaskan bahwa fungsi BPA adalah Memberikan nasehat kepada Badan Pengurus dan melakukan pengawasan atas kebijakan dan jalannya pengurusan. Selain itu pemberian nasehat dan pengawasan dilakukan untuk kepentingan Perkumpulan dan sesuai dengan maksud dan tujuan Perkumpulan. 
 
Lebih lanjut, kata Gani, Ketua Badan Pengawas dipilih oleh Presidium dan diangkat oleh MUNAS. Ketua Badan Pengawas bertugas menyusun personalia Badan Pengawas selambat-lambatnya 15 hari setelah MUNAS. Badan Pengawas diangkat untuk masa jabatan 4 tahun. Pengangkatan, penggantian, pemberhentian ditetapkan melalui keputusan MUNAS. Mantan Ketua Umum ASOHI otomatis menjadi anggota Badan Pengawas pada periode berikutnya apabila bersedia.
 
Berikut Pembagian Peran BPA: Gani Haryanto (Ketua merangkap anggota), bersama seluruh anggota BPA memastikan tugas dan tanggung jawab BPA berjalan dengan baik yaitu: 1. Memberi nasehat kepada Badan Pengurus ASOHI; 2. Melakukan pengawasan atas kebijakan pengurusan dan jalannya pengurusan (ART ps.14 ayat.1).
 
Ir. Bambang Suharno (Sekretaris merangkap anggota), memastikan semua dokumentasi BPA tercatat dan tersimpan dengan baik dan lengkap. Melakukan pengkajian dan memberikan opini tentang semua Peraturan Perundangan dilingkup obat hewan, kesehatan hewan dan peternakan, dan juga rancangan. Peraturan Perundangan yang sedang disusun.
 
Drh. Rakhmat Nuriyanto (Anggota BPA), Ketua Umum ASOHI periode 2010-2015. Sesuai ketentuan ART ps.14 ayat.7 secara otomatis menjadi anggota BPA. Berperan memastikan Pengurus ASOHI baik Pusat maupun Daerah melaksanakan kegiatannya sesuai Ketetapan Munas VIII meliputi AD, ART, Program Kerja dan Rekomendasi. 
 
Drh. Jonas Jahja, Apt., Drh. Gowinda Sibit, dan Drh. Ketut Tastra Sukata, MBA (Anggota BPA) berperan sebagai pelaku usaha anggota ASOHI senior yang memiliki sektor usaha obat hewan baik pengadaan, produksi maupun peredaran obat hewan, memberi masukan pada pengurus ASOHI agar anggota ASOHI bisa berkembang sesuai dengan maksud dan tujuan ASOHI dalam AD ps.5 dan 6. Memastikan agar ASOHI menjalankan kegiatannya sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundangan ASOHI sebagai berbadan hukum Perkumpulan.
 
Anggota DPA  lainnya Dr. Drh. Sofjan Sudardjat (Dirjen Peternakan Kementan th. 1999-2004), Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA (Dirjen Peternakan & Kesehatan Hewan Kementan th. 2015-2016), Drh. Fajar Sumping Tjatur Rasa PhD (Dirkeswan th. Kementan 2016-2021) mereka berpengalaman sebagai Pejabat Pemerintah, memahami proses Pemerintah dalam menentukan kebijakan-kebijakan. Menyelaraskan keharmonisan Pemerintah dan ASOHI demi kepentingan anggota. Mencari terobosan pandangan-pandangan kedepan dalam meningkatkan Kesehatan Hewan dan produksi peternakan untuk mencukupi kebutuhan protein hewani.
 
Diakhir presentasinya Gani Haryanto menyampaikan Kunci Sukses Pengurus ASOHI Periode 2021-2025 diantaranya Memahami tugas dan tanggungjawabnya; Melaksanakan Program Kerja; Bekerja demi organisasi ASOHI yaitu demi kepentingan anggota, sesuai Visi dan Misi ASOHI, komitmen waktu dan pemikiran, dan seluruh Indonesia ASOHI Pusat & Daerah; terakhir Sesuai dengan AD, ART, Kode Etik & Program Kerja hasil Munas VIII ASOHI. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1696
mod_vvisit_counterYesterday2150
mod_vvisit_counterThis week7909
mod_vvisit_counterThis month42331
mod_vvisit_counterAll3958113