ASOHI DIY HADIRI RAPAT PEMBENTUKAN SATGAS PMK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 27 July 2022 15:16
YOGYAKARTA, Jumat, 15 Juli 2022. Ketua ASOHI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Drh Zahrul Anam mengikuti Rapat Koordinasi Satgas PMK DIY yang dipimpin Sekda DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji. Rapat diikuti oleh unsur kepolisian, TNI, Dekan Fapet UGM, Dekan FKH UGM, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Satpol PP, Bappeda, BPBD, ASOHI, PDHI, ISPI dan stakeholder terkait lainnya. 
 
Dari hasil rapat diketahui langkah penanganan PMK di DIY diantaranya adalah dengan Penerbitan Surat Edaran Gubernur DIY Nomor:  8/SE/V/2022 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk himbauan kepada masyarakat agar penyediaan hewan kurban dari dalam wilayah DIY dan dilengkapi SKKH/Sertifikat Veteriner. 
 
Selain itu juga dengan peningkatan pengawasan dan pengendalian lalu lintas hewan rentan dan produknya melalui check point (Pos Lalu Lintas Ternak/PLLT) bekerja sama dengan Tim Satgas Pangan. Melaksanakan sosialisasi dan KIE tentang PMK baik secara luring maupun melalui media massa/media sosial. 
 
Secara rinci penanganan PMK di DIY sebagai berikut: Membentuk SK Tim Gugus Tugas Pengendalian PMK di DIY melibatkan stakeholder terkait. Distribusi logistik ke kab/kota (obat-obatan, vitamin, APD, Desinfektan) dan merespon setiap laporan kasus PMK di DIY yang telah dilaksanakan oleh Dokter Hewan berwenang di tingkat kabupaten (Puskeswan). Penyusunan SOP lalu lintas hewan/ternak antar provinsi dan antar kabupaten dalam rangka pengendalian dan penanggulangan PMK. Distribusi vaksin dan pelaksanaan vaksinasi di 4 kabupaten. Berkoordinasi dan bekerjasama dengan berbagai pihK seperti PDHI, ISPI, ASOHI, Baznas DIY, AIHSP dan FKH UGM dalam penanganan PMK.
 
Sementara dukungan lintas sektor diantaranya Kepolisian dalam pengawasan lalu lintas ternak di pos lalu lintas Ternak dan Pasar Hewan; Bantuan Logistik (obat-obatan, vitamin, desinfektan, APD) dari BPBD, ASOHI, PDHI, Kementan, Baznas; Pelaksanaan KIE melalui webinar oleh AIHSP; Pemantauan hewan kurban (mahasiwa FKH) & KIE, pengobatan di lapangan, membantu recorder vaksinasi (Fapet) oleh UGM, BBVet melakukan pelaksanaan surveilans investigasi dan pengujian laboratorium, dan Balai Karantina melakukan pengawasan ternak dan produk di PLLT dan Bandara. 
 
Pada kesempatan ini Ketua ASOHI DIY mengusulkan agar kehadiran pemerintah bisa segera dirasakan peternak dalam penanganan PMK ini. Agar peternak-peternak diundang ke balai-balai desa secara serempak dengan membawa alat semprot untuk diberikan pembagian larutan desinfektan dan sekaligus bisa sosialisasi PMK. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2630
mod_vvisit_counterYesterday4569
mod_vvisit_counterThis week23064
mod_vvisit_counterThis month86580
mod_vvisit_counterAll4378100